Rabu, 02 Oktober 2024

P5 - KEARIFAN LOKAL | TOPIK : MERAJUT KEARIFAN LOKAL DALAM GERAK

 PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

 

 

TEMA KEARIFAN LOKAL

TOPIK MERAJUT KEARIFAN LOKAL DALAM GERAK

FASE F KELAS XI

 


     Seiring perkembangannya sistem Pendidikan Indonesia, pada Tahun 2022 menteri Pendidikan meluncurkan kurikulum pendidikan baru. Kurikulum tersebut dibuat guna untuk pemulihan proses belajar mengajar baik bagi peserta didik maupun guru setelah pandemic Covid-19. Pemulihan pembelajaran ditunjukan untuk membentuk semangat belajar yang sebelumnya hampir 2 tahun belajar secara online. Dikutip dari situs kementrian Pendidikan dan Kebudayaan karakteristik utama dari kurikulum merdeka belajar yaitu, pembelajaran ditujukan untuk pengembangan soft skills dan karakter siswa sesuai dengan Pancasila, berfokus pada materi yang penting sehingga ada waktu yang cukup untuk pembelajaran yang mendalam bagi kompetensi dasar lainnya, guru lebih bebas untuk melakukan pembelajaran sesuai dengan kemampuan peserta didik dan melakukan penyesuaian dengan pelajaran muatan lokal yang berisi kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah yang ada, seperti halnya penyadaran siswa bahwa mengembangkan kearifan lokal yang ada di daerah merupakan bagian dari kegiatan siswa dalam menyiapkan pengetahuan, sikap dan keterampilan yang dibutuhkan untuk bekal kehidupan siswa didunia nyata. Sekolah dapat menjadi ekosistem bagi siswa untuk belajar dan menggali pengalaman. Siswa yang memiliki daya kreasi, inovasi yang tinggi, visioner, berjiwa pemimpin, mandiri, berkomitmen, pantang menyerah adalah siswa yang akan memberikan konstribusi positif dalam perannya di kelas, sekolah dan masyarakat baik secara akademik maupun non-akademik.

     Dalam kaitan projek di SMA Negeri 1 Sragi dengan tema Kearifan lokal dengan topik “Merajut kearifan lokal dalam gerak”. Melibatkan berbagai disiplin ilmu dalam proses pelaksanaanya. Pengenalan etika dan integritas lewat pelajaran Pendidikan Pancasila, menumbuh kekuatan fisik dan mental dalam membangun Kerjasama dalam satu kelompok kerja siswa dalam mengajarkan koordinasi gerak, menumbuhkan kreativitas, mengajarkan nilai-nilai tradisional, membentuk karakter dan jati diri, serta pengenalan potensi daerah lewat pelajaran prakarya dan budi Pekerti dan Agama.

     Kegiatan projek ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi semua pihak yang terlibat, yaitu: peserta didik, guru, sekolah, orang tua, masyarakat sekitar, pemerintah daerah dan pihak lainya. Terutama dalam menggali potensi daerah lokal dan melestarikan kembali tradisi yang ada di Indonesia


TAHAPAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

TEMA KEARIFAN LOKAL

 TOPIK : MERAJUT KEARIFAN LOKAL DALAM GERAK

 

HARI PERTAMA:
Kamis 10 Oktober 2024
07.00 - 08.10 | Apel Pembukaan Kegiatan P5
08.10 - 09.20 | Asesmen Diagnostik
Asesmen Diagnostik dilaksanakan menggunakan Google Form yang dapat diakses melalui tautan di sini
09.20 - 09.50 | Istirahat
09.50 - 11.00 | Pemaparan P5 Kearifan Lokal oleh Kepala Sekolah
11.00 - 11.35 | Menggali Informasi
Siswa menggali informasi tentang kearifan lokal melalui artikel di sini
12.35 - 13.10 | Menggali Informasi
Siswa menggali informasi tentang kearifan lokal melalui video
Video 1 silakan simak di sini
Video 2 silakan simak di sini
13.10 - 13.45 | Menggali Informasi
Siswa menggali informasi tentang kearifan lokal melalui artikel di sini
13.45 - 14.20 | Merangkum
Peserta didik menuliskan kembali materi kearifan lokal yang telah dipelajari selama satu hari. Rangkuman ditulis di buku P5 dan dikumpulkan di perpustakaan SMAN 1 Sragi.

HARI KEDUA:

Jumat, 11 Oktober 2024

07.00 - 08.00 | Penggalian informasi tentang manajemen produksi

Peserta didik menggali informasi melalui media internet mengenai beberapa hal terkait manajemen produksi, antara lain :

1.      Struktur produksi 〈ketua, sekretaris, bendahara, dll〉 serta tugas-tugasnya.
2.      Konsep, tema dan bentuk pertunjukan
3.   Langkah-langkah menyusun produksi

08.00 - 09.00Membuat struktur manajemen produksi

Peserta didik membuat struktur organisasi manajemen produksi pertunjukan koreo kelas. Yang harus ditentukan adalah :

1.      Ketua produksi
2.      Sekretaris
3.      Bendahara
4.      Penata Property 〈maksimal 3 siswa〉
5.      Penata Kostum 〈maksimal 3 siswa〉
6.      Penata Gerakan 〈maksimal 3 siswa〉
7.      Penata Rias 〈maksimal 3 siswa〉
8.      Sie. Dokumentasi dan Publikasi 〈maksimal 3 siswa〉
9.      Pembantu Umum 〈maksimal 5 siswa〉
10.  Pemain

09.00 - 09.30 | Istirahat

09.30 - 10.00Pembagian job description

Peserta didik berkumpul sesuai dengan bagian-bagiannya dengan melakukan beberapa hal sebagai berikut :

1.      Ketua Produksi
Membuat jadwal dan target manajemen produksi kelas.
2.      Sekretaris
Membuat catatan jadwal dan target bersama dengan ketua
3.      Bendahara
Merencanakan kebutuhan anggaran bersama dengan ketua
4.      Penata Property
Melakukan perencanaan property apa saja yang akan digunakan pada saat pementasan. Membuat perencanaan property yang membutuhkan anggaran
5.      Penata Kostum
Melakukan perencanaan kostum yang akan digunakan pada saat pementasan. Membuat perencanaan kostum yang membutuhkan anggaran 〈jika ada
6.      Penata Gerakan
Membuat konsep gerakan yang akan di tampilkan pada saat pementasan. Konsep gerakan bersumber dari video yang telah ditentukan dan dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan.
7.      Penata Rias
Melakukan perencanaan riasan yang akan digunakan pada saat pementasan. Membuat perencanaan riasan yang membutuhkan anggaran jika ada
8.   Sie. Dokumentasi dan Publikasi
Membuat perencanaan pembuatan video dan foto dokumentasi pada saat pementasan. Perencanaan pembuatan design iklan dengan bentuk video 〈trailer〉.
9.      Pembantu Umum
Mempersiapkan tempat latihan yang sesuai.
10. Pemain
Berlatih bersama dengan penata gerakan.


10.00 - 11.00 | Pembagian materi koreografi

Berikut adalah daftar koreografi untuk setiap kelas :

XI.A-1  : Sumatra Utara
Contoh video pertunjukan kesenian daerah Sumatra Utara dapat dilihat di sini

XI.A-2  : Jawa Barat
Contoh video pertunjukan kesenian daerah Jawa Barat dapat dilihat di sini

XI.A-3  : Bali
Contoh video pertunjukan kesenian daerah Bali dapat dilihat di sini

XI.B-1  : Kalimantan
Contoh video pertunjukan kesenian daerah Kalimantan dapat dilihat di sini

XI.B-2  : Padang
Contoh video pertunjukan kesenian daerah Padang dapat dilihat di sini

XI.C-1  : Betawi
Contoh video pertunjukan kesenian daerah Betawi dapat dilihat di sini

XI.C-2  : Nusa Tenggara
Contoh video pertunjukan kesenian daerah Nusa Tenggara dapat dilihat di sini

XI.D     : Papua
Contoh video pertunjukan kesenian daerah Papua dapat dilihat di sini

XI.E     : Jawa Tengah
Contoh video pertunjukan kesenian daerah Jawa Tengah dapat dilihat di sini

Peserta didik mengamati dan mempelajari setiap aspek pada bagiannya masing-masing dari video yang tersedia. Peserta didik dapat mencari inspirasi dari sumber referensi yang lain.


11.00 - 11.30 | Pelaporan

Peserta didik melaporkan progres yang telah dicapai pada satu hari tersebut. Progres disampaikan oleh masing-masing bidang kepada ketua. Ketua mempresentasikan progres hari tersebut kepada fasilitator. Catatan materi, struktur manajemen produksi dan tugas-tugasnya, serta inspirasi/gagasan tiap-tiap bagian yang akan dikerjakan dalam mempersiapkan pertunjukan dikumpulkan di perpustakaan SMAN 1 Sragi.


HARI KETIGA:

Senin, 14 Oktober 2024

07.00 - 09.20 | Pembuatan iklan pertunjukan.

Peserta didik membuat iklan dalam bentuk video mengenai pertunjukan yang akan mereka tampilkan. Pembuatan iklan dipimpin oleh ketua dan sie publikasi.


09.20 - 09.50 | Istirahat

09.50 - 10.25 | Publikasi iklan melalui platform media sosial.

Ketua dan sie publikasi mempublikasikan iklan melalui media sosial kelas masing-masing, dengan mencantumkan tag @p5sman1sragi dan tanda pagar #p5sman1sragi #kearifanlokal #savetheculture #budayaindonesia #tarikelompok


09.50 - 13.10 | Latihan.

Peseta didik melatih gerakan yang sudah di konsep sebelumnya bersama dengan Penata gerakan. Penata kostum dan properti merancang dan membuat kostum dan properti yang akan digunakan dalam pementasan.

11.35 - 12.35 | Istirahat.


13.10 - 13.45 | Refleksi dan laporan.

Peserta didik mengisi form refleksi dan melaporkan progres yang telah dicapai pada satu hari tersebut. Progres disampaikan oleh masing-masing bidang kepada ketua. Ketua mempresentasikan progres hari tersebut kepada fasilitator. Form Refleksi dapat diakses di sini.


HARI KEEMPAT:

Selasa, 15 Oktober 2024

07.00 - 07.35 | Pengkondisian.

Fasilitator mengecek kehadiran siswa, mengajak siswa untuk menuju ke lapangan utama untuk mengikuti latihan bersama narasumber.


07.35 - 09.20 | Latihan bersama narasumber.

Semua peserta didik kelas XI mengikuti latihan bersama nara sumber di lapangan utama.


09.20 - 09.50 | Istirahat

09.50 - 13.45 | Latihan

Peseta didik melatih gerakan yang sudah di konsep sebelumnya bersama dengan Penata gerakan. Penata kostum dan properti membuat kostum dan properti yang akan digunakan dalam pementasan.

11.35 - 12.35 | Istirahat


13.45 - 14.20 | Laporan.

Peserta didik melaporkan progres yang telah dicapai pada satu hari tersebut. Progres disampaikan oleh masing-masing bidang kepada ketua. Ketua mempresentasikan progres hari tersebut kepada fasilitator. 


HARI KELIMA:

Rabu, 16 Oktober 2024

07.00 - 13.45 | Latihan.

Fasilitator mengecek kehadiran siswa, peseta didik melatih gerakan yang sudah di konsep sebelumnya bersama dengan penata gerakan.  Penata kostum dan properti membuat kostum dan properti yang akan digunakan dalam pementasan.

09.20 - 09.50 | Istirahat

11.35 - 12.35 | Istirahat


13.45 - 14.20 | Refleksi dan laporan.

Peserta didik mengisi form refleksi dan melaporkan progres yang telah dicapai pada satu hari tersebut. Progres disampaikan oleh masing-masing bidang kepada ketua. Ketua mempresentasikan progres hari tersebut kepada fasilitator. Form Refleksi dapat diakses di sini.


HARI KEENAM:

Kamis, 17 Oktober 2024

07.00 - 09.20 | Gladi kotor.

Peserta didik melakukan gladi kotor di lapangan utama.


09.20 - 09.50 | Istirahat

09.50 - 10.25 | Refleksi gladi kotor

Peserta didik mendiskusikan proses dan hasil gladi kotor dan merancang tindak lanjut untuk hasil yang lebih baik.


10.25 - 13.45 | Latihan

Peseta didik melatih gerakan yang sudah di konsep sebelumnya bersama dengan penata gerakan.  Penata kostum dan properti membuat kostum dan properti yang akan digunakan dalam pementasan.


13.45 - 14.20 | Laporan.

Peserta didik melaporkan progres yang telah dicapai pada satu hari tersebut. Progres disampaikan oleh masing-masing bidang kepada ketua. Ketua mempresentasikan progres hari tersebut kepada fasilitator. 


HARI KETUJUH:

Jumat, 18 Oktober 2024

07.00 - 09.00 | Pembuatan sinopsis pertunjukan.

Peserta didik membuat sinopsis mengenai apa yang akan ditampilkan pada pertunjukan.

09.00 - 09.30 | Istirahat

09.30 - 11.00 | Latihan

Peseta didik melatih gerakan yang sudah di konsep sebelumnya bersama dengan penata gerakan.  Penata kostum dan properti membuat kostum dan properti yang akan digunakan dalam pementasan.

11.00 - 11.30 | Refleksi dan laporan.

Peserta didik mengisi form refleksi dan melaporkan progres yang telah dicapai pada satu hari tersebut. Progres disampaikan oleh masing-masing bidang kepada ketua. Ketua mempresentasikan progres hari tersebut kepada fasilitator. Form Refleksi dapat diakses di sini.


HARI KEDELAPAN:

HARI KEDELAPAN
Senin, 21 Oktober 2024

Bulan Bahasa

Peserta didik mengikuti rangkaian perlombaan bulan bahasa dengan tertib dan penuh tanggung jawab.


HARI KESEMBILAN:

HARI KESEMBILAN
Selasa, 22 Oktober 2024

Persiapan pementasan dan gladi bersih

Peserta didik memulai persiapan akhir pementasan dan melaksanakan gladi bersih di lapangan utama.



HARI KESEPULUH:

HARI KESEPULUH
Rabu, 23 Oktober 2024

Pementasan.


Peserta didik turut memeriahkan gelar karya P5 dan perayaan HUT SMANGGI dengan tertib dan penuh tanggung jawab.
bbb


JADWAL KEGIATAN P5 | KEARIFAN LOKAL

Jadwal lengkap kegiatan P5 selama 10 hari dapat dilihat di sini


ICE BREAKING



-;{@ Selamat Bergembira Berkarya @}:-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar