Selasa, 16 Mei 2023

PENYAJIAN DATA STATISTIKA

Statistika adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikan data. Singkatnya, statistika adalah ilmu yang berkenaan dengan data. Istilah 'statistika' bahasa Inggris : statistics berbeda dengan 'statistik' statistic. Statistika merupakan ilmu yang berkenaan dengan data, sedang statistik adalah data, informasi, atau hasil penerapan algoritme statistika pada suatu data. Dari kumpulan data, statistika dapat digunakan untuk menyimpulkan atau mendeskripsikan data; ini dinamakan statistika deskriptif. Sebagian besar konsep dasar statistika mengasumsikan teori probabilitas.

Real time statistics displayed on the IronWan Armor Suit HUD

Pada artikel ini penulis akan lebih spesifik membahas tentang penyajian data statistik.

Penyajian data statistik adalah suatu bentuk penataan data statistik agar data statistik lebih mudah indah dipandang, lebih mudah dimengerti, mudah dianalisis dan mudah dipahami oleh pengguna data, sehingga proses pengambilan kesimpulan dan keputusan berdasarkan data menjadi lebih akurat.


Artikel ini juga dapat disimak melalui video berikut ini:



1. Penyajian Data Dalam Bentuk Tabel

Komponen-komponen yang biasanya ada dalam tabel adalah judul tabel, judul kolom, judul baris, sel-sel tabel dan sumber data. Berikut adalah beberapa contoh penyajian data dalam bentuk tabel:




2. Penyajian Data Dalam Bentuk Diagram Batang

Komponen-komponen yang biasanya ada dalam diagram batang adalah judul diagram, judul absis, judul ordinat, legenda dan sumber data. Berikut adalah beberapa contoh penyajian data dalam bentuk diagram batang.


Sumber : https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/07/07/terus-meningkat-jumlah-penduduk-ri-tembus-275-77-juta-hingga-pertengahan-2022


Sumber: https://lokadata.beritagar.id/chart/preview/proyeksi-neraca-gas-2020-2030-1620789923



Baca Juga : BELAJAR TENTANG INTEGRAL

3. Penyajian Data Dalam Bentuk Diagram Garis

Komponen-komponen yang biasanya ada dalam diagram garis adalah judul diagram, judul absis, judul ordinat, legenda dan sumber data. Berikut adalah beberapa contoh penyajian data dalam bentuk diagram garis.

Sumber: https://lokadata.beritagar.id/chart/preview/pertumbuhan-penjualan-eceran-2018-juni-2021-1628046275




4. Penyajian Data Dalam Bentuk Diagram Lingkaran

Komponen-komponen yang biasanya ada dalam diagram lingkaran adalah judul diagram, legenda dan sumber data. Berikut adalah contoh penyajian data dalam bentuk diagram lingkaran.

Sumber: https://www.kompas.id/baca/pemilu/2022/04/24/mengubur-jurang-antara-generasi-muda-dan-partai-politik


5. Infografis

Secara harfiah, infografis dapat diartikan sebagai kombinasi gambar dan penjelasan data yang disajikan secara grafis. Representasi informasi dalam bentuk grafik dirancang untuk membuat data mudah dipahami secara sekilas. Maksud dari penjelasan ini yaitu informasi disajikan dengan cara yang lebih sederhana sekaligus memfasilitasi pemahaman topik yang sedang dibahas. Infografis adalah salah satu teknik komunikasi yang saat ini sedang berkembang, dan banyak digunakan oleh hampir semua kalangan profesional. Alasannya, karena kecepatannya dalam menyiratkan konsep melalui grafik, ilustrasi, dan audiens tidak perlu membaca teks dalam jumlah banyak.

Infografis dapat berupa gabungan beberapa jenis diagram/grafik. Berikut adalah contoh penyajian data dalam bentuk infografis

Sumber: https://pskp.kemdikbud.go.id/produk/artikel/detail/3133/gen-z-dominan-apa-maknanya-bagi-pendidikan-kita


Demikianlah sejumlah contoh penyajian data statistik. Semoga dapat bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar